Review Buku: Shine by Jessica Jung

2–3 menit
REVIEW BUKU SHINE

What’s behind the book?

  • Judul              : Shine
  • Penulis           : Jessica Jung
  • Penerbit         : Gramedia Pustaka Utama
  • Halaman        : 362
  • Genre             : Romance
  • Tahun Terbit  : 2021
  • Harga             : Rp. 139.000
  • Blurb              :

Apa yang bersedia kaupertaruhkan demi mewujudkan impianmu? Bagi Rachel Kim, remaja Korea-Amerika yang berusia delapan belas tahun, jawabannya adalah: hampir segalanya. Tujuh tahun lalu ia direkrut oleh DB Entertainment—salah satu perusahaan musik K-pop terbesar di Seoul. Aturan menjadi trainee DB Entertainment cukup sederhana: latihan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tampil sempurna, dilarang berkencan. Mudah, bukan? Tidak juga. Ketika skandal-skandal mulai bermunculan dalam industri yang berusaha keras mempertahankan citra kesempurnaan tersebut, apakah Rachel cukup kuat untuk menjadi pemenang? Atau apakah ia akan berakhir dalam keadaan hancur?

Why i read this book?

Siapa sih yang gak kenal kpop? sebagai salah satu penggemar kpop, aku penasaran banget isi dari buku ini. Terlebih penulisnya adalah salah satu idol dari girl group terkenal yang menceritakan pengalamannya di balik kpop dan hal-hal yang sedikit orang tahu.

Buku ini sudah lama sekali aku incar, namun karena cukup pricey, jadi aku menunggu waktu promo deh hehe. Aku beli buku ini saat event 12.12 kemarin di shopee @gramediaofficial dan aku dapat dengan setengah harga loh hehe.

Baca Juga: REVIEW BUKU “KAMU GAK SENDIRI”

My impression and rating:

Seperti blurb di atas, buku ini menceritakan Rachel Kim yang memiliki impian menjadi seorang idol kpop. Rachel lahir dan tumbuh di Amerika dan mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan tentang dirinya yang berasal dari Asia.

Ia kemudian mendapati dan melihat kpop sebagai salah satu bagian dari dirinya yang melekat. Ia dan keluarganya kemudian pindah ke Korea Selatan dan memulai pelatihannya sebagai salah satu trainee di DB Entertainment.

Tidak semudah yang dilihat, berbagai macam ujian dan perlakuan kurang menyenangkan datang menghampiri bahkan sebelum debutnya. Buku ini menceritakan realita sebenarnya dari dunia kpop yang terlihat begitu megah dan perjuangan Rachel dalam mengejar mimpinya.

Dengan tebal 360 halaman, aku kira aku akan banyak berhenti dan menjeda saat membaca. Tapi tidak, buku ini bahasanya ringan sekali walaupun merupakan buku terjemahan. Aku pun membacanya dengan santai dan terlarut sehingga buku ini selesai kurang dalam sehari.

Alurnya pun cukup ringan dan mudah dimengerti, terlebih jika pembacanya memang penggemar kpop. Aku sendiri salut dengan perjuangan Rachel dalam menggapai impiannya.

Meskipun ia sempat teralihkan oleh perasaanya dan ingin berlaku egois, tapi kemudian ia kembali sadar dan memantapkan diri untuk berjuang lebih keras. Ia juga selalu mengingat kondisi keluarganya yang harus berubah demi dirinya, sisi dewasa Rachel yang juga aku kagumi.

Ada satu hal yang kurang aku suka dari buku ini, yaitu pengunaan kata well. Dalam beberapa kondisi, aku merasa kata well ini cocok dan sesuai dengan identitas Rachel sebagai seorang native speaker. Tapi ketika ada kondisi bertengkar dan berdebat kata well ini menurutku kurang tepat penggunaanya dan jadi terasa asing.

Overall, buku ini cocok sekali untuk teman berjuang menggapai mimpi, karena ini untuk ratingnya aku beri 4.8/5. Menurutmu bagaimana?

Favorite Quote:

Kitalah yang harus mandiri, kitalah yang harus meyakinkan diri kita sendiri tentang apa yang mampu kita lakukan dan kitalah yang harus melakukan apa yang kita tahu mampu kita lakukan.

Eksplorasi konten lain dari Laman Lajur

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca